Rabu, 23 Februari 2011

Aljazair Cabut Dekrit Keadaan Darurat


ALJIR, KOMPAS.com - Pemerintah Aljazair, Selasa (22/2/2011), mengumumkan pencabutan keadaan darurat yang telah berlaku hampir dua dekade di negara itu. Dengan pencabutan itu berarti pembatasan kebebasan berbicara dan berkumpul yang dikenakan untuk memerangi pemberontakan Islam pun berakhir.

Dewan Menteri negara itu menyetujui pencabutan tersebut Selasa, kata kantor berita Algeria Press Service yang dikelola negara. "Peraturan itu akan mulai berlaku segera setelah dipublikasikan dalam Jurnal Resmi," kata dewan itu dalam sebuah pernyataan yang dikutip kantor berita tersebut.
Langkah itu diambil saat Aljazair, sebagaimana negara-negara Arab lainnya, menghadapi gelombang protes yang telah menggulingkan rezim di Mesir dan Tunisia dan yang kini menyebabkan terjadinya pemberontakan di melawan Moammar Khadafy di Libya. Presiden Aljazair, Abdelaziz Bouteflika, bulan ini, mengumumkan, ia akan segera mencabut deklarasi darurat itu, yang mulai diberlakukan tahun 1992 dan diperbaharui tahun 1993.
Deklarasi peraturan darurat itu merupakan bagian dari pelarangan terhadap gerakan Islam selama perang sipil yang menewaskan lebih dari 150.000 orang. Namun para pengecam mengatakan, pemberontakan telah lama berkurang, dan peraturan tersebut hanya digunakan untuk memberangus kritik terhadap pemerintah.
Front Pembebasan Nasional pimpinan Bouteflika telah memerintah negeri itu sejak meraih kemerdekaan dari Perancis tahun 1962, dan Bouteflika sendiri telah berkuasa sejak tahun 1999.
Para pengamat mengatakan, Aljazair menghadapi sejumlah masalah yang sama yang telah memicu pemberontakan di Tunisia dan Mesir, yaitu tingginya tingkat pengangguran dan ekonomi yang stagnan. Protes terkait harga-harga pangan yang membubung telah dimulai pada bulan Januari dan kemudian dengan cepat berbelok menjadi desakan untuk reformasi politik.

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMAH KASIH SUDAH MELUANGKAN WAKTU UNTUK MEMBACA ATAU SEKEDAR LIHAT. SILAHKAN TIGGALKAN PESAN, SARAN DAN KRITIKNYA SANGAT SAYA BUTUHKAN!