Senin, 07 Maret 2011

Penjelasan Kesurupan dan tips mencegahnya

Hai para penjelajah dunia maya, salam kenal!
Bingung mau nulis apa, eh jadi kepikiran kesurupan. Soalnya temen ane tadi kesurupan habis berekspedisi kehutan, eh sampe dikelas malah jadi rusuh, soalnya ada yang kesurupan. Makanya ane iseng nulis postingan kayak gini, biar gk bikin penasaran.
aduh kok malah bertele-tele. Ok deh sekarang kita mulai pembahasannya!

hari saya akan membahas tentang kesurupan dan cara mencegahnya.
Ini dia penjelasan ilmiah menurut para ahli:


Dalam istilah kedokteran kesurupan disebut possession trans atau suatu kondisi trans pemilikan yaitu terdapatnya perubahan tunggal atau episodic keadaan kesadaran sesorang di mana dapat diketahui adanya pergantian identitas pribadi dengan idenditas baru. Contohnya orang tersebut merasa menjadi orang lain yang hidup ratusan tahun yang lalu atau menyebut dirinya mbah dll. Akibatnya, orang tersebut mempunyai perilaku yang asing dan aneh.

Ditinjau dari sistem saraf, kesurupan adalah fenomena serangan terhadap sistem limbic yang sebagian besar mengatur emosi, tindakan dan perilaku. Sistem limbic sangat luas dan mencakup berbagai bagian di berbagai lobus otak. Dengan terganggunya emosi dan beratnya tekanan akibat kesulitan hidup, timbullah rangsangan yang akan memengaruhi sistem limbic. Akhirnya, terjadilah kekacauan dari zat pengantar rangsang saraf atau neurotransmitter. Zat penghantar rangsang saraf yang keluar mungkin norepinephrin atau juga serotonin yang menyebabkan perubahan perilaku atau sebaliknya.

Tips Mencegahnya:
Pertebal benteng keimanan kita, karena bila kita memiliki benteng iman dan ibadah yang kuat, dapat melindungi kita dari kesurupan.

Selain itu usahakan tidur nyenyak, sehingga terjadi keseimbangan di dalam diri kita. Kalau sudah seimbang, logika tetap berfungsi, kepercayaan diri muncul, dan akhirnya kita mampu mengendalikan diri sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMAH KASIH SUDAH MELUANGKAN WAKTU UNTUK MEMBACA ATAU SEKEDAR LIHAT. SILAHKAN TIGGALKAN PESAN, SARAN DAN KRITIKNYA SANGAT SAYA BUTUHKAN!