Minggu, 06 Maret 2011

Tekuk Juve, Milan Semakin Kokoh

Turin - Gelandang AC Milan, Gennaro Gatusso, mencetak gol tunggal yang menentukan kemenangan timnya 1-0 atas Juventus dalam lanjutan Serie-A, Sabtu atau Minggu (6/3/2011) dini hari WIB.

Tambahan tiga angka semakin mengokohkan Milan di puncak klasemen dengan mengoleksi 61 angka. Mereka sementara unggul 8 poin dari Inter Milan yang berada di urutan kedua. Sementara Juve masih tertahan di peringkat ketujuh dengan mengoleksi 42 poin.


Kekalahan ini tentu sangat menyakitkan bagi "Si Nyonya Tua". Pasalnya, ini menjadi kekalahan ketiga kalinya beruntun sejak mengalahkan Inter Milan 1-0 pada pertengahan Februari lalu.


Sebetulnya, baik Juve maupun Milan memeragakan permainan cepat dan bahkan cenderung keras. Pada menit ketiga, Milan mengancam lebih dulu lewat Zlatan Ibrahimovic. Menerima umpan dari sayap kiri, Ibra melepaskan tembakan keras. Sayang, bola tembakan penyerang asal Swedia itu masih melambung tinggi.

Juve kemudian membalasnya lewat Milos Krasic pada menit ke-10. Namun, usaha Krasic sia-sia setelah bola tembakannya bisa diblok kiper Milan, Christian Abbiati.

Milan kembali melepaskan ancaman cukup berbahaya pada menit ke-21. Kevin-Prince Boateng yang berperan sebagai penyerang lubang berusaha mengalirkan bola kepada Antonio Cassano yang bergerak di sektor kanan. Menguasi bola, Cassano sukses mengecoh salah satu bek "Si Nyonya Tua". Sial bagi Milan, tembakan Cassano gagal mengenai sasaran.

Di pertengahan babak, Milan terlihat lebih banyak mengusai permainan. Serangan demi serangan dilancarkan dari berbagai lini. Namun, Gennaro Gattuso dan kawan-kawan kerap melakukan kesalahan dalam melepaskan umpan. Bahkan, mereka terlihat bermain seperti tergesa-gesa dengan melepaskan umpan-umpan panjang ke depan.

Sementara Juve tidak kalah ngotot. Mereka berusaha membongkar pertahanan lawan. Meski begitu, kedua tim hanya bermain imbang tanpa gol hingga turun minum.

Selepas turun minum, pelatih Milan Massimiliano Allegri memasukan Robinho untuk menggantikan Boateng yang mengalami cedera. Masuknya Robinho secara tidak langsung membuat daya gempur Milan semakin kuat.

Pada menit ke-53, misalnya, gawang Juventus hampir saja bergetar jika saja Buffon tidak sigap memblok bola tembakan Zlatan Ibrahimovic.

Kerja keras Milan akhirya membuahkan hasil lewat gol yang diciptakan oleh Gatusso pada menit ke-68. Berhasil menguasai umpan kepala dari Ibra, Gatusso langsung melepaskan tendangan keras. Bola meluncur deras meskipun Buffon sempat membaca arah si kulit bulat.

Unggul 1-0, Allegri mengubah strategi timnya. Ia menarik Antonio Cassano dan menggantikannya dengan Clarence Seedorf. Tampaknya, Allegri ingin memperkuat lini tengahnya.

Meski begitu, Milan bukannya lantas mengendurkan serangannya. Milan memiliki beberapa peluang emas untuk menggandakan keunggulan. Burukanya penyelesaian membuat peluang yang ada menjadi sia-sia.

Begitu juga dengan Juve yang terlihat kesulitan keluar dari tekanan. Alhasil, Juve dipaksa menyerah di depan publiknya sendiri setelah skor 1-0 untuk keunggulan Milan bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain
Juventus: Gianluigi Buffon; Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, Armand Traore, Frederik Sorensen; Felipe Melo, Claudio Marchisio, Jorge Martinez, Milos Krasic; Alessandro Matri (Del Piero 81), Luca Toni (Vincenzo Iaquinta 62)

AC Milan: Christian Abbiati; Thiago Silva, Alessandro Nesta, Marek Jankulovski, Ignazio Abate; Mark Van Bommel, Kevin-Prince Boateng (Robinho 46), Mathieu Flamini, Gennaro Gattuso; Antonio Cassano (Clarence Seedorf 70), Zlatan Ibrahimovic

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMAH KASIH SUDAH MELUANGKAN WAKTU UNTUK MEMBACA ATAU SEKEDAR LIHAT. SILAHKAN TIGGALKAN PESAN, SARAN DAN KRITIKNYA SANGAT SAYA BUTUHKAN!